Jumat, 30 Oktober 2015

Kerja sambil jalan jalan di Bangkok

Sesuatu yang tak terduga itu kadang suka terjadi, sama seperti hal yang ane alamin kali ini.. Ane ditugaskan untuk pergi ke Thailand sama leader dan bos ane..  weew pagi diinfoin siangnya langsung brangkat o_O Singkat ceritanya brangkatlah kita ini untuk menganalisa salah satu part buatan PT ane untuk sebuah merek mobil. Sampailah kita di Suvarnhabumi Airport, wiih sampe Bangkok broo .. yang tulisan dan bahasanya aja kita ga ngerti hahaha.. dengan bermodalkan alamat hotel yang telah dipesan perusahaan untuk kami menginap, langsunglah kita suruh supir taxi anter kita.. Oh iya rencananya kita cuma 3 hari di negeri gajah putih ini. Okesip manfaatin waktu bener2 nih pikir ane. Manfaatin waktu buat kerja sama jalan2 maksudnyaa.. hehehehe.. Sampailah kami di hotel, nama hotelnya Monmanee di daerah Shukumvit 107. Nah pas makan malam kita coba keluar hotel untuk nyari makanan ala ala sana. kita jalan lalu nemuin tempat makan rame gtu gan, langsung lah kita masuk dengan pedenya dan langsung duduk. dikasih menu dengan tulisan yg kaya cacing yang entah apa artinya.. kita panggilah abang2 nya itu sambil bilang "Any chicken in here?" dan dya ngmng apaan tau ga jelas sambil manggil temennya dan temennya jga ga ngerti (Mampusss ga bisa bahasa inggris nih pikir ane) dan dya bilang pork. Untung ane tau pork itu kan babi. Nah loh ternyata yg dy jual itu babi smua. hahahaha langsung cabutlah kitaa.. nyari2 lagi, nemuin tempat makan ada gambar ayamnya gtu. Alhamdulillah nemuin makanan halal jugaa.. dan ternyata disini juga sama, pelayannya ga bisa bahasa inggris (cape deeeh) untungnya ada anak  pantaran SMP pake baju sekolah gtu nyamperin ane sambil bilang "Can I help you, sir?" and finally ketemu juga org thailand yg bisa bahasa inggris walaupun masih bocah.
Keesokan harinya sesuai schedule, brangkat lah dr hotel ke pabrikan mobil yang terkenal dengan Elf nya ini..
Dan ternyata dari hasil meeting tersebut kami diharuskan menetap hingga proses trial mobil baru tersebut selesai.. Nah looh.. Dan langsunglah kita info kan ke tempat kerja kita. Keesokan harinya ane dikabarin ane harus tinggal disana kurang lebih 1 bulan.. Waduuuuuh malah ane minggu depan UAS, wah ancur dah nilai semester 5 aneee waktu itu.. Tapi ini lah resiko mahasiswa yang sekaligus pekerja, prioritas kita kan awalnya memang bekerja. hehehe.. Tibalah hari minggu, senin-sabtu nya kerja brooo, gausah diceritain, sedih klo diceritain.. hehehe. Hal pertama yg dilakukan itu belanja pakaian (Yaiyalah baju cuma buat 3 hari) bli lah kita di mal sekitaran hotel namanya Imperial World, yaudah bli pakaian biasa ajah. hehe.
Okeee abis ini ceritanya pas jalan jalan nya ajah yaa hehehe lanjut di minggu kedua, si bos nanyain buat oleh2 belinya dimana.. nah kali ini ane berterima kasih bgt nih sama kaskus, seinget ane ada forum ttg bangkok langsung lah ane searching dengan keyword All About Bangkok. Wiiiiih ternyata bener, dan tempat recommended nya yaitu Chatucak Weekend Market klo org thailandnya sih bilangnya JJ Market.. Letaknya di Chatucak Park, pas bgt Hotel ane itu letaknya ga jauh dari skytrain Bearing, dan Chatucak Park itu ujungnya klo kaya MRT kita itu Bekasi-Kota nya deeh.. sekali naik doang. hehehe..
Untuk pembelian tiketnya itu kita pakai koin (Baht) klo duit kita nominalnya besar bisa ditukerin kok ke loketnya .. Kita tinggal pencet tujuan kita nanti ada nominal baht nya, kita masukin koin sesuai nominal tersebut dan keluar lah tiketnya. Jarak dari hotel ke Chatucak sekitar 1 jam an laaah.. ceritanya sampai lah kita di Chatucak, emang rame bgt apa ajah ada di pasar ini.. cuma kita bli beberapa souvenir sama baju utk oleh2 selanjutnya kita ke Pratunam itu tempat belanja juga di daerah Siam, tapi yang kaki lima di pinggir jalan gtu harganya hampir sama kaya di Chatucak sih, klo mal nya ada MBK Center, nah ini tempat belanja juga namanya Siam Paragon (mahal-mahal, tapi ane bli jam ori sih disini.. hehehe) Dsini juga ane pertama kalinya ambil duit di ATM, rasa takut salah pencet, salah2 ketelen tuh kartu kan wassalam.. hahahaha. Tapi yaudah lah, tumbalnya pake kartu atm ane dengan asumsi duit di atm ane yg paling dikit diantara leader dan bos ane.. Hahahaha siaal.. And success. Alhamdulillah.. bisa jalan jalan lagi *Loooh hehehe. Ane videoin loh gan, bisa di cek di yutub https://youtu.be/JwfMIczDrdk
Yaah hari senin lagi, kerja lagi bermacet macet ria lagi (njir, macetnya sama kaya di Jakarta loh Bangkok) ampuun deh.. tapi taksi disini murah2 loh tarifnya (ane itung ke kurs rupiah yah) karena mreka taksi meter jadi bayarnya berdasarkan jarak ajah jadi walaupun macet2an juga kita gausah mikirin argo yg terus membengkak, liatin suasana perjalanannya ajah (asiiiik)  Lanjut di minggu lagi ajah ya hehehe.. Tadinya si bos ngajak ke museum lilin,pas cek harga lumayan mahal (Dalem hati : Penting banget jalan-jalan ke museum lilin) langsung ane iming2in ke tempat yang terkenal di Bangkok yaitu kuil2 dan viharanya dan ane tunjukin fotonya dan dia akhirnya ikut (Yesss gajadi ke museum lilin yg bayarnya mahal itu) hehe..
Tujuan pertama itu ke Grand Palace (Ituuu yang di iklannya indomi* yg bulgogi) tetep naik skytrain tapi transit ke siam lanjut pake Boat gtu..di Chao Phraya, ane pikir sungainya bersih.. eeh ini mah sama aja kaya naik boat di kalimalang.. hahahaha kurang bersih sungainya coklat gtu. di setiap pemberhentian itu ada kuil yang bisa kita kunjungin.

Oh iya gan, untuk naik boatnya ada 2 bendera bendera kuning untuk lokal, bendera biru untuk tourist bedanya klo untuk tourist itu ada tour guide nya dan harganya lebih mahal. Untuk wisata yang bisa dikunjungi selama naik Chao Phraya Tourist Boat ada banyak ada wat arun, dll.. bisa diliat di peta bawah ini.

Lanjut di minggu terakhir di Bangkok.. Ternyata setelah dihitung2 oleh2 kurang gan!! Oke brangkat lagi kita ke Chatucak Weekend Market, oh yaa ane mau ngingetin..
Berapapun uang yang kalian bawa pasti akan abis di tempat ini, dan juga klo udah nemu barang yg cocok langsung dibeli gan, soalnya ane ketempat ini 3 kali itu nyasar mulu.. klo mau bli souvenir di toko dalem lebih murah. dsini juga ane dapet temen baru, anaknya yang jualan baju khas bangkok, ane dan bos ane bli baju di tempat dya smua .. dy bisa bahasa inggris jadi enak juga komunikasinya, malah ngajak jalan muterin bangkok juga.. namanya Poom. hehe..
Karena kita bertiga suka otomotif dan dsana banyak mobil yang di modif juga.. termasuk motor pake ban kecil sekecil kecilnya itu di bangkok banyak bgt (Alaaaay), kita nanya sama supir taksi suruh anterin ke tempat otomotif2 gtu.. Bener ajah, sampe sana banyak brg yg lbh murah dari indo ,ane ajah bli Headunit Doubledin buat di mobil bokap hehe.. harganya klo dirupiahin cuma 800 ribuu (wiiiiihh murah kan) di indo paling murah aja 2 jutaan. hehehe...
Kesimpulannya selama di Bangkok, Di Isuzu Thailand juga foremannya baik dan ramah, namanya Mii Huwa.. setiap istirahat suka dikasih makanan thailand yang kata mereka mah enak (padahal mah makanannya ga enak) hehehe.. Hal yang paling ane gasuka itu disana ane ga pernah  denger suara adzan (Ya Allah.. sediih) makanannya juga susah, apalagi nyari nasi uduk (yaiyalaaahh) .. hehehe.. ya sekian cerita kerja sambil jalan jalannya x ini yaaa.