Rabu, 23 November 2011

Makalah IBD "KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN"


KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT
DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN


Oleh

Nama          :         Kurnianto Pratama
Kelas           :         1ID06
NPM           :         34411046




UNIVERSITAS GUNADARMA KAMPUS J
Jalan KH.Noer Ali Kalimalang
Bekasi 17145 Telp. (021)888601




 
                                                                  
Kata Pengantar

Pertama-tama saya sebagai penulis memanjatkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang senantiasa mencurahkan segala nikmat dan karunianya kepada saya, karena berkat karunianya saya dapat menyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar sesuai tepat pada waktunya. Shalawat serta salam senantiasa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga kita kelak diberi syafaat di hari kiamat nanti.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas makalah ini. Khususnya saya ucapkan kepada  Bpk. Muhammad Burhan Amin selaku dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, yang telah memberi tugas makalah ini sehingga sangat memberi saya pelajaran akan hal-hal yang baru buat saya dalam penyusunan sebuah makalah. Juga saya ucapkan kepada Orang tua dan teman-teman saya yang senantiasa mendukung dan memotivasi saya, serta memberi masukan-masukan yang sangat berguna dalam penyelesaian tugas makalah ini.
Makalah ini berjudul “Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam melestarikan kebudayaanyakni makalah yang menerangkan kontribusi pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu saya memohon maaf bila didalam tulisan saya ini ada kekurangan dalam penulisan ataupun ada kata-kata yang tidak patut disampaikan. Dan saya sangat mengharapkan saran dan pendapat dari pembaca sekalian yang mungkin akan saya perbaiki pada tugas-tugas saya kemudian.



  Jakarta, 21 Nopember 2011

                                                                                                               Penulis

ii
Daftar Isi

Pernyataan……………………………………………………………………………….i
Kata Pengantar…………………………………………………………………….…….ii
Daftar Isi………………………………………………………………………….……..iii
Bab 1 Pendahuluan
Latar Belakang…………………………………………………………….……………..1
Tujuan……………………………………………………………………………………2
Sasaran…………………………………………………………………………………...2
Bab 2 Permasalahan
Kekuatan………………………………………………………………………………...3
Kelemahan…………………………………………………………………………..…...4
Peluang…………………………………………………………………………………..4
Tantangan………………………………………………………………………………..5
Bab 3 Kesimpulan & Rekomendasi
Kesimpulan…………………………………………………………………….………...6
Rekomendasi……………………………………………………………………….……6
Referensi…………………………………………………………………………….…...7




BAB 1 Pendahuluan
1.1  Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, dengan keberagaman kebudayaan di setiap daerah dan wilayah yang dimilik bangsa Indonesia. Adalah suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia yang dengan keberagaman kebudayaan itu masyarakatnya tetap bersatu tanpa memandang perbedaan antar budaya yakni bersatu sebagai bangsa Indonesia.
Dari masing-masing kebudayaan daerah yang dimiliki Bangsa Indonesia memiliki suatu karakteristik yang unik dan berbeda-beda antar daerahnya. Yakni ciri khas yang hanya dimiliki tiap daerah tersebut. Inilah yang membuat bangsa indonesia yang unik di mata dunia. Setiap kebudayaan itu memiliki peran yang sangat kuat dala menunjang budaya nasional. Kita lihat dengan keseniannya, lalu tiap-tiap daerah memiliki rumah dan pakaian adat yang berbeda-beda, adat dan istiadatnya hal ini sangat menarik perhatian masyarakat luar bangsa Indonesia. Sehingga menjadi suatu daya tarik yang kuat bagi bangsa asing mau datang ke Negeri Indonesia Begitu pula pada masa ini telah banyak sebagian orang dari bangsa asing mau mempelajari kebudayaan Indonesia.
Namun sangat disayangkan di masa ini, bahkan generasi muda masyarakat kita sendiri sedikit yang mau mempelajari kebudayaannya sendiri. Mereka-mereka lebih tertarik akan kebudayaan asing yang dimata mereka dipandang lebih modern. Sehingga banyak dari kebudayaan kita ini mulai memudar akan kelestariannya. Padahal justru banyak dari pihak-pihak asing sangat mengagumi akan kebudayaan kita. Namun pemerintah dan masyrakat kurang menyadari pentingnya melestarikan budayanya sendiri. Tentu hal ini tidak bisa kita biarkan. Perlu adanya peningkatan akan peran-peran kebudayaan tiap daerah dalam mempertahaan akan keutuhan dan ketahanan kebudayaan bangsa kita ini. Sehingga bangsa kita tetap menjadi bangsa yang utuh dan kuat yang kaya akan kebudayaan. Sehingga tak ada satu pihakpun dari negara asing yang berani mengklem dan mengakui kebudayaan kita sebagai kebudayaannya.

                                                                                                                                                         1
1.2 Tujuan
Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah :
- Untuk menyadarkan pemerintah dan masyarakat pentingnya melestarikan kebudayaan nasional.
- Menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional.
- Agar masyarakat Indonesia menghargai dan mencintai kebudayaannya sendiri.
- Agar pembaca mengetahui peran masyarakat dan pemerintah dalam melestarikan kebudayaan nasional.

1.3 Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk meningkatan peran pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan nasional sangatlah penting. Dikarenakan masyarakat sekarang kurang memperhatikan kebudayaannya sendiri dan cenderung tidak peduli. Karena hal itu akan  membuat kebudayaan tersebut hilang atau bahkan di claim oleh Negara lain.

                                                                                                                                                            2
BAB.2 PERMASALAHAN

           Pelestarian budaya adalah hal penting, yang perlu dukungan dari semua pihak. Karena budaya adalah suatu kekayaan yang tidak ternilai namun rentan untuk hilang, baik karena dicuri oleh negara lain, atau kalah saing oleh budaya yang berasal dari luar negri.
            Pada jaman globalisasi saat ini mau tidak mau, Indonesia menjadi negara yang terbuka dalam menerima segala hal, oleh karena itu masyarakat perlu mengetahui betapa pentingnya memilih, dan memilah apa saja hal asing yang yang masuk ke Indonesia tanpa membuat buta masyarakat mengenai pentingnya juga mempelajari budaya luar,
Analisis permasalahan Kontribusi Pemerintah dan Masyarakay dalam melestarikan kebudayaan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek:

1. Kekuatan (Strength)
·         Kekayaan budaya Indonesia. Kekuatan seni dan budaya sebagai produk di suatu daerah merupakan inti dari kekuatan bangsa. Pengetahuan dan kepemilikan seni dan budaya mencerminkan sikap kita dalam mengarungi interaksi mengikuti modernisasi dan tata pergaulan antarbangsa
  • Kemajuan teknologi yang semakin baik
  • Masyarakat mulai mencintai kebudayaan nasional. Contohnya saat reog di claim Malaysia, masyarakat sangat marah, hal ini membuktikan bahwa masyarakat mencintai kebudayaan nasional.
  • Menjadikan kebudayaan sebagai trend. Misalnya seruan pegawai negeri untuk memakai batik di hari jumat.
2. Kelemahan (Weakness)
·         Minimnya komunikasi budaya, Kemampuan untuk berkomunikasi sangat penting agar tidak terjadi salah pahaman tentang budaya yang dianut.
·         Kurangnya kesadaran masyarakat, Kesadaran masyarakat untuk menjaga budaya daerah sekarang ini masih terbilang minim. Masyarakat lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman.
·         Kurangnya pembelajaran budaya, Pembelajaran tentang budaya, harus ditanamkan sejak dini. Namun sekarang ini banyak yang sudah tidak menganggap penting mempelajari budaya daerah. Padahal melalui pembelajaran budaya, kita dapat mengetahui pentingnya budaya daerah dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Pada umumnya generasi generasi muda lebih cepat menerima kebudayaan asing dalam proses akulturasi sedangkan yang tua lebih sukar , ini dikarenakan remaja memiliki sifat yang
labil yang dapat di pengharui oleh dunianya , sedangkan yang tua lebih mengerti bahwa sebuah
kebudayaan merupakan hasil yang diwariskan oleh nenek moyangnya

3. Peluang (Opportunity)
·         Kuatnya budaya bangsa, memperkokoh rasa persatuan Usaha masyarakat dalam mempertahankan budaya daerah agar dapat memperkokoh budaya bangsa, juga dapat memperkokoh persatuan.
  • Rasa nasionalisme rakyat Indonesia begitu tinggi,
contoh ketika beberapa kebudayaan Indonesia diakui negara lain, maka akan timbul reaksi penentangan yang luar biasa dari seluruh elemen bangsa, secara tidak langsung dapat memperkuat kesatuan bangsa
  • Dengan adanya pengetahuan dalam bidang budaya agar memungkinkan masyarakat lebih mengenal kebudayaan nasional.
  • Perubahan lingkungan yang sangat cepat dipengaruhi oleh kebijakan utama pemerintah dan satu rangkaian komitmen penting dari para pembuat undang-undang/peraturan. Khususnya perencanaan strategis yang dikerjakan oleh para pembuat Undang-Undang dan peraturan daerah telah menetapkan dimensi dan arah yang luas untuk perubahan paradigma bahwa pemerintah saat ini telah bergerak untuk memberikan dukungan.         4
4. Tantangan / Hambatan (Threats)
·         Kemajuan Teknologi
·         Ketidak pedulian masyarakat akan kebudayaan nasional.
·         Perubahan lingkungan
·         Sikap pemerintah yang kurang sigap dalam melestarikan kebudayaan nasional.


5
BAB 3  KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1 Kesimpulan
Disadari sepenuhnya bahwa Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat majemuk sekali. Kekayaan kebudayaan ini terkait dengan masalah kesuku bangsaan dan kebudayaan-kebudayaan yang tumbuh akibat akulturasi dan berbagai proses hubungan dinamis manusia dan lingkungannya, sehingga kekayaan kebudayaan Indonesia menjadi sangat majemuk. Untuk melestarikan kekayaan kebudayaan ini, hingga saat ini kita belum memiliki peta kebudayaan Indonesia dan Data kebudayaan Indonesia yang reliable. Untuk melestarikan, dalam arti melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan tersebut, kita harus mempunyai data yang lengkap dan akurat.

3.2 Rekomendasi
Pemerintah dengan tegas harus melindungi kekayaan budaya yang berada dalam wilayahnya baik secara de facto dan de jure dari berbagai tindakan tidak terpuji dari Negara lain. Pemerintah juga harus melakukan promosi budaya. Kita dapat memasang iklan di media massa dan elektronik bahkan melalui internet yang sekarang dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh semua orang.
Sedangkan masyarakat harus Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia.
 Mempelajari dan mengenal berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia agar timbul di dalam diri seseorang untuk menjaga kebudayaan Indonesia dari pengaruh kebudayaan luar yang negatif.





6
Referensi:
http://zeculture.blogspot.com/2010/03/peran-pemerintah-dan-masyarakat-dalam.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya






















7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar